Berawal Dari Tungku Yang Ditinggal Ludeskan Sebanyak Empat Rumah

Ben-ost.com – Sebuah rumah yang merupakan milik seorang perempuan yang saat ini sudah berstatus sebagai janda di Bojonegoro ludes dilalap api. Dugaan kuat api yang mengakibatkan kebakaran tersebut berasal dari tungku saat Sumiatun (80) memasak nasi.

“Ini tadi informasinya Mbah Sum lagi masak pakai tungku, tapi ditinggal ke depan rumah. Akhirnya membakar dinding dapur yang terbuat dari bambu dan kayu,” kata seorang tetangga korban, Nafik di lokasi, Rabu (4/7/2018).

Api terus menerus menjadi besar hingga akhirnya merembet ke rumah dua anak dan tetangganya. Rumah-rumah yang ikut terbakar milik dua anaknya, Mashadi (45) dan Lastari (53) berada di sebelah kiri dan 1 rumah milik tetangga bernama Kholis (75).

Dua unit mobil PMK diterjunkan ke lokasi. Petugas berusaha memadamkan api yang sudah membakar empat rumah.

“Ini tadi kita lakukan pembasahan supaya api tidak menjalar terus kemana-mana. Rumahnya juga terbuat dari bambu dan kayu, disertai angin kencang, sehingga cepet merembet,” kata petugas PMK, Sukirno di lokasi.

PMK telah memperkirakan jika kebakaran tersebut dipicu dari tungku yang ditinggal begitu saja. Sementara itu pascaapi berhasil dipadamkan, petugas dari Polsek Kanor, koramil dan Satpol PP dibantu warga mengevakuasi barang-barang milik korban yang tidak ikut terbakar.

“Kita bantu mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan. Khawatir jika tidak dilakukan secepatnya akan roboh,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *