Dua Pelaku Penyelundupan Benur Diamankan Polres Sukabumi

Ben-ost.com – Dua orang pria yang berusaha meklakukan upaya penyelundupan Benih Lobster (Benur) yang terjadi di Sukabumi berhasil digagalkan oleh Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Sukabumi Jawa Barat.

Kejadian tersebut berlangsung pada hari Sabtu (11/11/2017). Kedua pelaku berinisial DV (37) dan DN (40). Kedua pelaku tersebut berusaha mennyelundupkan sebanyak 1.292 ekor benur jenis pasir dan 260 ekor benur jenis mutiara.

Kedua pelaku tersebut ditangkap setelah seorang pira yang berperan sebagai kurir telah dibekuk sebelumnya. Penangkapan seorang kurir tersebut terjadi di Jalan Raya Simpenan. Setelah dilakukan interogasi terhadap sang kurir, akhirnya kurir tersebut menuturkan akan mengantarkan pesanan benur kepada pelaku DV.

“Kurir pembawa benur kita amankan dan diinterograsi, dia mengaku angkutannya itu akan diserahkan kepada DV. Berdasar keterangan itu, pelaku DV kita pancing agar mau menerima kiriman tersebut,” kata Dir Reskrimum Polda Jabar Kombes Pol Umar Surya Fana, Minggu (12/11/2017).

Pelaku langsung melakukan penelusuran dan kedua pelaku berhasil diamankan oleh polisi. “Keduanya masih kita mintai keterangan di Mapolres Sukabumi,” imbuh Umar.

“Keduanya warga Bogor dan Jakarta, mereka masih kita periksa intensif oleh penyidik unit Gakkum Sat Polair Polres Sukabumi. Mereka terancam dijerat dengan Pasal 16 ayat (1) Jo Pasal 88 UU RI No. 31 tahun 2004, tentang perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 45 tahun 2009, tentang Perubahan atas UU RI No. 31 tahun 2004 tentang perikanan,” beber Syahduddi.

Untuk barang bukti benur rencananya akan dilepas liarkan di perairan teluk Palabuhanratu. “Benur yang kita amankan akan kita tebar kembali ke laut lepas, untuk menjaga populasi benur di perairan Sukabumi,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *