Enam Kampung Di Sukabumi Terendam Banjir Lagi

Ben-ost.com – Hujan deras yang terus menerus terjun sejak hari Senin (9/10/2017) malam, mengakibatkan enam kampung yang berada di wilayah Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terendam banjir akibat dari luapan Sungai Cibuni.

Sejumlah warga harus rela meninggalkan rumah mereka yang terendam oleh banjir. Selain itu para warga juga terpaksa menggunakan perahu karet dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi untuk memudahkan aktivitas.

Kampung yang tergenang banjir diantaranya Leuwi Langlayang, Citapen, Sirnagalih, Puncak Kadondong, Cimindi, dan Cipangkalan. Sejumlah relawan dari PMI termasuk TNI dan Polri berada di lokasi untuk melakukan upaya kemanusiaan.

“Kami bersama sejumlah relawan berada di lokasi banjir membantu warga melakukan evakuasi, tidak hanya rumah, sawah dan traktor petani juga ada yang terendam. Warga pakai perahu milik BPBD untuk beraktivitas,” kata anggota Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kabupaten Sukabumi Widi Prasetya, Selasa (10/10/2017).

Informasi dari KSR PMI Kabupaten Sukabumi banjir belum surut hingga malam ini atau sekitar pukul 22.30 WIB. Bahkan hujan kembali mengguyur enam kampung tersebut.

Eka Widiaman, salah seorang staf BPBD Sukabumi, menyebut para relawan sudah bergerak ke titik-titik banjir. “Pada prinsipnya lokasi yang kena bencana sudah kita kaji cepat melalui relawan kecamatan masing-masing. Sedang kita proses, ternyata banyak berita yang enggak jelas. Oleh sebab itu rilis menunggu arahan pimpinan,” ujar Eka.

Sementara itu salah seorang petugas Koramil Tegalbuleud, Sertu Sartono, membenarkan peristiwa banjir itu. Menurut dia ada 700 kepala keluarga (KK) di enam kampung yang terdampak banjir.

“Banjir ini terjadi setelah aliran Sungai Cibuni meluap akibat diguyur hujan deras sejak Senin malam. Diperkirakan 700 kepala keluarga di enam kampung terdampak banjir ini,” ucap Sartono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *