Jalur Pacet-Trawas Terputus Lantaran Longsoran Tebing Setinggi 15 Meter

Ben-ost.com – Hujan yang begitu deras terjadi selama beberapa hari terakhir ini hingga mengakibatkan sebuah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter yang ada di Pacet, Mojokerto, mengalami longsor.

Material longsoran itu menutupi badan jalan yang merupakan jalur penghubung antara Kecamatan Pacet dengan Trawas. Tebing yang saat ini kondisinya kritis di Desa Cembor, Pacet, longsor lantaran curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini.

Tebing yang mengalami longsor ini memiliki ketinggian 15 meter dengan panjang hingga 10 meter. Material longsor berupa tanah bercampur bebatuan dan pohon, menutup jalur Pacet-Trawas. Jalan beraspal itu tertimbun material longsor dengan ketebalan lebih dari 1 meter.

“Kami bersama Dinas PU berupaya melakukan upaya pembukaan jalur, sampai saat ini baru terbuka separuh jalan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto M Zaini, Jumat (9/2/2018) malam.

Proses pembersihan metrial longsoran tebing yang menutupi jalan telah dilakukan petugas dengan cara manual. Kendati baru dibersihkan setengah jalan, sejak sekitar pukul 17.00 WIB jalur Pacet-Trawas sudah bisa dilalui kendaraan.

Untuk sementara waktu, lanjut Zaini, pembersihan material longsor dihentikan. Pembersihan akan dilanjutkan besok pagi dengan mendatangkan alat berat.

“Kami lanjutkan besok pagi karena harus menggunakan alat berat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *