Kecamatan Sobilangit Terkena Abu Vulkanik Gunung Sinabung

 

Ben-ost.com – Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi dan akibatnya hujan abu terjadi hingga wilayah disekitar Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli. Menurut keterangan dari Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin erupsi terjadi pada pukul 13.00 WIB.

Tetapi menurut laporan akibat erupsi ini tidak berpengaruh pada aktivitas di Kota Berastagi.

“Di Berastagi tidak ada laporan terdampak abu, aktivitas normal,” ujar Natanail.

Di Kabupaten Karo tepatnya di Kecamatan Sibolangit dan Kabupaten Serdang memiliki kondisi yang berbeda dengan Kota Berastagi, setelah kejadian erupsi gunung Sinabung pada daerah tersebut terkena abu vulkanik yang cukup tebal. Sehingga warga pun bersembunyi ditempat yang lebih aman, ada yang digedung dan ada juga yang didalam rumah. Sehingga aktivitas kerja dan keseharian mereka terganggu.

“Sibolangit diguyur abu vulkanik. Abunya sangat tebal,” kata Amos Simanungkalit, Camat Kecamatan Sibolangit.

Dia memaparkan angin yang sangat kencang membawa abu vulkanik Gunung Sinabung hingga wilayah Sibolangit yang jauhnya hingga 50 kilometer dari gunung Sinabung.

“Padahal jaraknya jauh, sekitar 50 kilometer, satu jam juga kalau dihitung dari Sinabung ke Sibolangit. Mungkin karena angin kencang, jadi terbawa kemari,” kata Simanungkalit menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *