Lahan Hutan Sosial Sudah Disiapkan 6 Lokasi

 

Ben-ost.com – Hingga kini pemerintah masih membahas mengenai lahan sosial yang akan diubah menjadi hutan sosial dan dibagikan pada masyarakat. Saat ini sudah ada 6 area utama yang akan dibagikan ke masyarakat.

“Ada enam daerah di Jawa yang sudah jadi prioritas,” ujar Darmin Nasution, Menko Perekonomian usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Meskipun akan dibagikan pada masyarakat tetapi lahan tersebut bukan berarti akan menjadi hak milik masyarakat. Mereka hanya diberi hak untuk mengelola lahan yang diberi oleh pemerintah dan sistem pembagiannya berdasarkan cluster.

Setiap cluster memiliki lahan yang berbeda luasnya dan itu dikendalikan oleh beberapa orang tidak hanya satu orang saja. Lokasi lahan yang diprioritaskan tersebar di kepulauan Jawa, pemerintah membagi lahan ada 2 lokasi di Jawa Tengah, 2 lokasi di Jawa Barat dan 2 lokasi di Jawa Timur.

“Nah, tinggal nanti Presiden memilih baru kita launching,” kata Darmin.

Hak pengelolaan lahan akan diberika pada masyarakat yang ada disekitar lahan dan mereka diberi hak selama 30 tahun untuk mengelola lahan tersebut. Dan rencananya pemerintah akan mengevaluasi perkembangan pengelolaan lahan 5 tahun sekali.

“Kalau berjalan baik bisa terus. Kalau enggak berjalan baik kita ganti orangnya,” kata Darmin menambahkan.

Tidak hanya menyiapkan lahan saja, tetapi pemerinth juga akan menyiapkan agen yang akan membeli setiap hail produksi dari para pengolah lahan. Karena pemerintah tidak akan membiarkan lahan 1.000 hektar akan terbuang sia-sia saja.

“Dia akan bilang, nanti lakunya kapan. Kira-kira kapan. Kalau tidak begitu bank tidak mau kasih pinjam uang,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *