Pihak Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Lakukan Hal Ini Untuk Antisipasi Erupsi Merapi Yang Lebih Besar

Ben-ost.com – Status yang dinaikkan lantaran aktivitas Gunung Merapi yang semakin meningkat menjadi status Waspada (level 2). Serti yang telah diketahui, aktivitas Merapi semakin menunjukkan peningkatan dengan erupsi yang terjadi dari mulai tanggal 11 Mei 2018.

Hal yang dilakukan oleh pihak dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta untuk langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi erupsi Merapi kembali yang akan berdampak terhadap jadwal penerbangan.

“Sebagaimana arahan Dirjen Perhubungan Udara, saat ini kami terus melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan dan AirNav Indonesia dan bersama sama sesuai tugas fungsinya memantau terus perkembangan Merapi. Kami juga melakukan paper test untuk aerodrome observation,” kata Communication and Legal Section Head Bandara Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadiani, Kamis (24/5/2018).

Keputusan closed/open Bandara Adisutjipto due to Volcano activity nantinya akan dikeluarkan oleh Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) Kementerian Perhubungan melalui Notam.

Meskipun demikian, jika terjadi penundaan terhadap jadwal penerbangan dan juga terjadinya penumpukan di ruang tunggu, maka Bandara Adisutjipto akan membuka ruang tunggu internasional (pada waktu waktu yang tidak bersamaan dengan penerbangan mancanegara) untuk menampung penumpang.

“Tapi dalam hal kondisi terburuk bandara harus closed,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, Bandara Adisutjipto juga akan menyediakan transportasi antarmoda darat bagi penumpang yang harus melanjutkan perjalanan ke bandara terdekat, misalnya Bandara Adisoemarmo Surakarta.

“Kita juga akan menyediakan antarmoda ke lokasi-lokasi sarana transportasi lainnya misal stasiun kereta api atau terminal bis,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *