Ratusan Jamban Dibangun Untuk Warga Magelang

Ben-ost.com – Sebanyak 415 jamban dibangun dengan tujuan diperuntukkan bagi para warga Magelang. Para personel yang tergabung dalam Kodim 0705/Magelang beramai-ramai dengan warga bersama dalam membangun jamban.

Program ini diadakan karena melihat keprihatinan dengan banyaknya warga yang hingga kini belum memiliki saluran pembuangan yang layak digunakan dan sesuai dengan standar kesehatan.

“Program jambanisasi ini gratis bagi warga yang tidak mampu. Total ada sebanyak 415 jamban yang sudah dibangun dan tersebar di seluruh wilayah Magelang,” jelas Komandan Kodim 0705/Magelang, Letnan Kolonel Infanteri Hendra Purwanasari, di Makodim Magelang, Senin (25/9/2017).

Program jambanisasi ini diharapkan bisa sedikit membantu para warga dalam mengatasi dan berusaha untuk hidup sehat. Karena jika dilihat keadaan warga yang belum memiliki jamban hingga saat ini begitu memprihatinkan sekali.

“Masih ada juga kebiasaan buang air besar disembarang tempat, seperti di sungai atau saluran irigasi. Hal itu merupakan contoh pola hidup yang tidak sehat,” kata Hendra.

Bantuan jamban ini, merupakan sarana untuk mendorong minat warga lainnya agar membuat jamban yang sesuai standar kesehatan.

Salah satu penerima jamban gratis, Ribut (61), warga Dusun/Desa Muneng, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, mengatakan, dirinya sudah lama menggunakan jamban tidak layak karena faktor ekonomi dan kurangnya pengetahuan.

“Saya hanya bekerja sebagai buruh tani, belum mampu membangun jamban layak. Saya tidak menyangka mendapat bantuan jamban gratis,” ujarnya.

Saat ini, pembangunan jamban yang dilakukan secara bergotong royong oleh anggota TNI dan masyarakat di rumah Ribut sudah mencapai 85 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *