Razia Di Kebumen, Cegah Massa Menuju Ke Magelang

Ben-ost.com – Operasi gabungan yang diadakan oleh satuan Polres Kebumen dengan Kodim 0709 Kebumen dilakukan dengan tujuan untuk mencegah massa yang bergerak dari arah barat yang hendak mengikuti aksi bela Rohingnya di Kabupaten Magelang.

Razia tersebut digelar pada beberapa titik yang ada di wilayah Kebumen. Razia yang dilaksanakan pada saat malam hari Kamis (7/9/2017) dengan sasaran kendaraan beroda empat. Seluruh penumpang yang ada di mobil diperiksa satu persatu.

Petugas dengan teliti memberhentikan satu persatu kendaraan roda empat yang lewat menuju ke arah timur dengan tujuan untuk memastikan tidak adanya warga yang akan menuju ke arah Magelang.

Selain memeriksa identitas dan kelengkapan surat-surat, para pengendara juga ditanyakan apa tujuan mereka bepergian. “Empat lokasi yang dijadikan sasaran razia yakni, di jalan raya Desa Kretek Rowokele, Simpang lima Kebulusan, jalan raya Prembun depan Mapolsek Prembun dan jalan raya depan Polsek Mirit,” kata Kapolres AKBP Titi Hastuti didampingi Dandim 0709 Kebumen Letkol (Kav) Suep.

Sebanyak 288 personil diterjunkan dalm pelaksanaan razia tersebut, ditambah dari Kodim 0709 Kebumen ada 48 personil. “Sasaran dari Razia ini adalah penumpang atau pengguna jalan yang akan mengikuti aksi di Magelang, kami cegat satu persatu dan kami pastikan apakah mereka mau ke Magelang atau tidak,” imbuh Titi.

Dia menghimbau kepada warga jika ada yang ingin mengikuti aksi dipersilahkan, namun lebih baik berdoa di tempat masing masing.

“Kepada warga Kebumen agar melakukan aksinya di Kebumen saja tidak perlu ke Magelang”, lanjutnya.

Jika dalam razia tersebut ditemukan ada warga hendak berangkat ke Magelang untuk mengikuti aksi tersebut, para personel gabungan akan mengarahkan warga agar kembali ke rumah sesuai himbauan pemerintah. Sementara itu Dandim 0709 Letkol Kaf Suep mengungkapkan, hingga operasi selesai digelar, tidak ditemukan adanya massa yang akan bergerak ke Magelang.

“Belum ada indikasi massa yang mengarah ke sana, ya mudah-mudahan benar-benar steril dan aman,” kata Suep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *