Semburan Air yang Sangat Tinggi Hebohkan Warga Blora

Ben-ost.com – Insiden terjadinya semburan air yang keluar dari dua lubang bekas sumur minyak yakni sumur tungkul 25 dan 9 yang berada di Dukuh Nglencong, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora, sudah dipastikan tidak mengandung zat berbahaya apapun dan tidak ada kemungkinan akan membesar akan semakin membesar.

Semburan yang terjadi sejak hari Kamis (21/9) sore hari, sontak membuat para warga sekitar ketakutan dan heboh. Pasalnya, semburan yang terjadi menjulang dengan tingginya hingga mencapai 30 meter dari permukaan tanah. Semenjak laporan yang diterima dari warga sekitar, PT Pertamina EP Cepu Field terus melakukan pengamatan langsung di lokasi kejadian. Selain meninjau langsung ditempat kejadian, cairan yang keluar juga dites terkait kandungan dari air tersebut.

“Laporan kejadian masuk ke kami jumat pagi dari pihak PT Foster. Pemantauan segera dilakukan oleh tim HSSE dan sekuriti kami sejak Jumat hingga Sabtu pagi ini. Ketinggian semburan air semula kurang lebih 35 meter, berangsur turun jadi sekitar 18 meter,” ujar Manager PT Pertamina EP Field Cepu, Heru Irianto, Sabtu (23/9/17).

Dari hasil pengecekan oleh tim dari Pertamina, dapat dipastikan kandungan air yang menyembur tersebut tidak berbahaya. Cairan yang menyembur dipastikan bukanlah minyak ataupun gas yang berbahaya.

“Yang menyembur adalah air yang terdorong akibat tekanan yang tinggi dibawah permukaan tanah,” tegas Heru.

Langkah-langkah penanganan yang dilakukan, lanjutnya, adalah memastikan area sekitar aman. Selanjutnya dilakukan pengecekan secara berkala kandungan dari cairan dan gas yang keluar dari kedua sumur serta mengupayakan semaksimal mungkin agar air dari kedua sumur tidak menyebar luas dan merugikan pihak lain.

“Kami terus melakukan pemantauan perkembangan di lapangan sejak laporan diterima hingga saat ini,” lanjutnya.

Pihak Pertamina memastikan agar semburan air yang terjadi tidak semakin meluas. Penanganan lebih lanjut akan dilimpahkan kepada KSO Foster yang wilayah kerjanya dekat dengan lokasi semburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *