Sepuluh Kios Mebel Hangus

Ben-ost.com – Kebakaran yang terjadi hampir saja menghanguskan keseluruhan Pasar Mebel, Pasuruhan. Sebanyak sepuluh kios ludes tak bersisa karena kebakaran tersebut.

Kejadian yang terjadi pada malam hari ketika orang sudah dalam waktu untuk istirahat. Pada hari Selasa (12/9/2017) sekitar pukul 23.00 WIB api menyala dan semakin membesar akibat tiupan angin yang cukup kencang.

Hingga kini belum diketahui asal mula api yang menghanguskan sepuluh kios tersebut. Api dengan cepat menyebar karena bangunan yang terbuat dari kayu sehingga dengan mudah api membesar. Tak butuh waktu lama, 10 kios yang ada di bagian dalam pasar mebel hangus jadi arang.

Rabu (13/9/2017) pukul 01.00 WIB, api masih berkobar dan terus membesar. Belasan petugas pemadam tampak susah payah melakukan pemadaman.

Di beberapa sisi, puluhan warga juga merobohkan bangunan untuk membuat sekat bakar agar api tak menjalar ke lokasi lain. Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkot dan Pemkab Pasuruan ditejunkan. Ketiga armada tersebut “mengepung” lokasi kebakaran dari tiga penjuru.

“Ada sekitar 10 kios yang terbakar,” kata Abd Ghofur, seorang petugas pemadam kebakaran dari Pemkot Pasuruan di lokasi, Selasa (13/9/2017) dini hari.

Satria, salah seorang warga mengungkapkan, begitu kebakaran terjadi, para pemilik kios langsung berusaha menyelamatkan barang mebelnya. Namun, sebagian besar mebel tak bisa diselamatkan karena api cepat membesar.

“Anginnya sangat kencang sehingga api cepat besar,” katanya.

Hingga pukul 03.00 WIB, kebakaran berhasil dipadamkan. Petugas dan warga sudah berhasil melokalisir api.

Sementara ratusan warga berkerumun di lokasi dan hanya melihat api yang meluluh-lantakkan bangunan. “Mau gimana lagi. Mau ikut memadamkan tapi api besar. Alatnya juga nggak ada,” ujar salah seorang warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *