Upaya Penyelundupan Ribuan Pil Koplo Berhasil Digagalkan Oleh Petugas Rutan Kelas IIB Trenggalek

Ben-ost.com – Upaya penyelundupan sebanyak lima ribu butir pil dobel L berhasil digagalkan ole para petugas yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Trenggalek. Pil yang berjumlah ribuan tersebut dimasukkan kedalam rutan dengan vara dilemparkan dari luar rutan.

Pil koplo tersebut telah dikemas dengan rapih dalam dua paket dan juga dilapisi dengan menggunakan lakban tersebut berhasil ditemukan oleh para petugas Rutan di gang antara pagar luar dan komplek tahanan.

“Itu diketahui oleh dua orang petugas jaga saat akan melakukan pergantian pada Rabu (31/1/2018) malam. Saat itu mereka curiga dengan dua paket tersebut kemudian langsung diamankan,” kata Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Trenggalek, Gulang Rinanto, Kamis (1/2/2018) malam.

Para petugas mencurigai isi paket tersebut lantaran paket tersebut terlihat dibungkus dengan begitu rapi dan berada di tempat yang menurut petugas tidak sewajarnya berada di tempat tersebut. Akhirnya petugas mengambil keputusan untuk membuka paket tersebut dengan disaksikan kepala regu pengamanan.

Setelah dibuka barulah diketahui apa isi dari dua paket yang begitu rapih dibungkus yakni berisi 5.000 butir pil koplo jenis Dobel L.

“Jadi, kemungkinan paket itu dilempar dari luar namun tidak sampai. Tapi masih belum tahu siapa yang melempar dan kapan dilakukan, karena itu ditemukan sudah ada di dalam pagar,” jelasnya.

Pihaknya menduga upaya penyelundupan benda terlarang yang berjumlah tidak sedikit tersebut baru pertama kalinya terjadi di Rutan Kelas II B Trenggalek. Saat ini pihaknya akan segera melakukan penyelidikkan dan juga mendalami kasus tersebut ke dalam warga binaan yang ada di dalam rutan.

Selain itu, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya hal serupa, petugas keamanan akan lebih diintensifkan dalam melakukan pengawasan, termasuk lokasi-lokasi yang rawan.

“Kalau di dalam rutan sudah dilengkapi dengan CCTV namun untuk yang di pagar luar itu memang belum. Yang jelas ini mejadi atensi kami untuk lebih memperketat pengamanan,” tegasnya.

Terkait temuan itu, Rutan Trenggalek langsung berkoordinasi dengan Satuan Narkoba Polres Trenggalek guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

“Hari ini tadi seluruh barang bukti kepada Kasat Narkoba Polres Trenggalek, kami juga sudah melaporkan kasus ini ke Kanwil Kemenkumham Jatim,” ujar Gulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *