Warga Dieng Berstatus Siaga Akibat Kawah Sileri

Ben-ost.com – Salah satu kawah yang ada di Dieng kembali terlihat aktif kembali. Warga sekitar diharap untuk siaga. Kawah tersebut yakni kawah Sileri yang beberapa waktu lalu sempat meletus. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Wisatawan diimbau menaati radius aman dan tidak panik.

“Hal ini berpengaruh terhadap radius aman yakni dari 100 meter menjadi 1 kilometer,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip, Jumat (15/9/2017).

“Baik warga maupun wisatawan untuk tidak terpancing dan panik,” lanjutnya.

Menurutnya, obyek wisata lain seperti Kawah Candradimuka, Kawah Sikidang, Komplek Candi Arjuna serta tempat wisata lain dipastikan masih aman untuk dikunjungi.

“Selain Kawah Sileri dan Timbang masih bisa dikunjungi karena tidak ada pengaruh dari peningkatan status waspada di Kawah Sileri,” kata Surip.

Kenaikan status Kawah Sileri dari normal menjadi waspada ditetapkan pada pukul 23.00 WIB, Kamis (14/9). Gempa tremor di Kawah Sileri yang terletak di Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara ini terjadi sejak Rabu (13/9) pukul 20.45 WIB, hingga saat ini masih terus terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *